10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak

Senin, Mei 03, 2010


Hampir semua orang pasti ingin anak-anaknya pintar sehingga bisa sukses di masa depan nya. Untuk itu, mari lah kita lihat makanan-makanan apa sech yang bergunak untuk otak mereka dan kalau bisa sedapat mungkin kita memberikan nya kepada anak-anak kita. Tetapi harap selalu di ingat bahwa segala sesuatu yang berkelebihan tidak lah bagus.


Chocolate / Cokelat
Coklat yang biasanya dibilang bisa membuat panas dalam ternyata sangat bagus untuk otak. Para ilmuwan telah melakukan penelitian dan membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang ditemukan hanya dalam dua atau tiga sendok makan bubuk coklat itu lebih kuat dari antioksidan yang ditemukan dalam makanan lain, seperti teh hijau atau anggur merah. Antioksidan utama yang ditemukan di kakao, dikenal dengan nama flavonol, penting untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Ini merupakan berita bagus bagi pecinta coklat.

Fish / Ikan
Manfaat ikan memang sudah asing lagi bagi kita semua. Ikan secara umumnya sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk otak Anda. Ikan kaya akan kandungan Omega-3, yaitu asam lemak yang sangat bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai aspek. Hanya dengan makan satu porsi ikan seminggu bisa mengurangi satu peluang untuk menderita penyakit Alzheimer karena Asam lemak ini membantu fungsi otak. Omega-3 melapisi neuron yang kadang-kadang memiliki lapisan asam lemak kaku (karena kandungan yang tinggi dari kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh) dengan lemak baik sehinnga memungkinkan mereka untuk bergerak dengan mudah di seluruh otak. Omega-3 juga menyediakan lebih banyak oksigen ke otak, serta membantu daya ingat seseorang sehingga orang tersebut mampu mengingat informasi baru tanpa melupakan informasi lama. Ikan terbaik untuk makan untuk kesehatan otak adalah ikan salmon, tuna, dan ikan haring. Akan tetapi ikan salmon mungkin mengandung banyak nutrisi, akan tetapi harganya juga selangit. Jadi untuk yang masih kurang mampu, masih banyak sekali makanan bergizi dengan harga yang murah seperti sayuran hijaul. Jangan gara-gara kasih makan ikan salmon setiap hari ke anaknya, malah jadinya rumah dijual untuk kepentingan makanan anak kesayangan nya.

Leafy Green Vegetables / Sayuran Hijau
Sudah diketahui dari jaman nenek moyang kita bahwa sayuran berdaun hijau sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Ternyata sayuran hijau ini bukan hanya berguna untuk tubuh, tetapi juga otak. Hal ini dikarenakan makanan ini penuh dengan vitamin B6, B12, dan folat, yang merupakan senyawa yang penting yang diperlukan di dalam otak untuk memerangi tingkat homocystein, zat yang menyebabkan kelupaan dan bahkan penyakit Alzheimer. Sayuran ini seringkali mengandung zat besi yang tinggi. Oleh sebab itu biasakan lah keluarga anda untuk memakan sayuran hijau. Memang sudah tidak lah heran kalau setiap kali kita masa sayuran hijau dirumah, pasti akan terakhir habis nya. Itu juga kalau habis dimakanin sayuran nya, terkadang malah jadi jatah nya tong sampah

Nuts and Seeds / Kacang-kacangan
Cemilan kacang-kacangan seperti di foto memang masih jarang kita jumpai di Indonesia, tetapi cemilan ini cukup populer di negara Amerika. Cemilan kacang-kacangan ini terdiri dari beberapa macam diantaranya kacang, hazelnut, kacang mete, almond, walnut, pecan, biji labu, biji bunga matahari. Bagi yang suka makan sambil nonton TV, ada baiknya dipilih cemilin jenis ini. Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak Omega-3 dan Omega-6 fatty acid, serta folat, vitamin E, dan vitamin B6, yang dapat membantu and untuk berpikir lebih jernih. Mereka juga membantu anda berpikir lebih positif, karena Omega-3 dan Omega-6 fatty acid bekerja sebagai antidepressi alami. Beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan juga penuh tiamin dan magnesium, yang bagus untuk daya ingat, dan fungsi kognitif otak.

Berries / Buah Berry
Buah berry, termasuk blackberry, blueberry, raspberry, dan lain-lain, banyak mengandung zat antioksidan yang berperan untuk meningkatkan kesehatan otak. Dengan memakan buah berry ini sekali sehari, maka bisa membantu membalikkan efek penuaan pada otak anda. Berry juga banyak mengandung fisetin dan flavenoid yang berperan untuk meningkatkan daya ingat otak sehingga anda bisa mengingat peristiwa masa lalu dengan mudah.

Spices / Rempah-rempah
Berbahagialah kita-kita yang tinggal di Indonesia ini karena kaya akan rempah-rempah sehingga kita bisa memperolehnya dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan negara barat sana. Rempah-rempah sangat banyak jenisnya seperti ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, dan lain-lain. Rempah-rempah ini sangat bermanfaat untuk menjaga otak tetap segar. Contoh kunyit yang merupakan bahan utama bubuk kari, mengandung banyak antioksidan yang membantu melawan penuaan otak dan memelihara fungsi kognitif saat usia bertambah. Antioksidan juga berjuang melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat terjadi di dalam otak serta tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Kunyit juga sudah terkenal mengandung khasiat untuk menyembuhkan diabetes atau penyakit jantung.

Eggs / Telur
Telur terkenal sebagai makanan yang banyak mengandung kolesterol oleh sebab itu belakangan ini banyak orang-orang yang tidak berani memakan telur karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Padahal telur ini bisa mencegah penuaan dan penyusutan otak yang sering disebut dengan istilah atrofi otak. Telur banyak vitamin B12 dan lesitin. Vitamin B12 membantu melawan penyusutan otak, yang sering terlihat pada penyakit Alzheimer. Telur juga banyak mengandung kolin, yang merupakan zat pembangun sel otak. Kolin dapat membantu meningkatkan daya ingat agan. Oleh sebab itu, jangan takut untuk memakan telur tetapi jangan juga makan kebanyakan. Menurut dokter dosis yang baik adalah 1 telur 1 hari.


Tea / Teh Hijau

Bagi yang suka minum kopi di pagi hari mungkin bisa menggantinya dengan meminum teh. Teh hijau atau teh hitam sangat bermanfaat bagi otak karena mengandung catechin. Apabila kekurangan catechin, anda bisa merasa lelah, dan "terlalu malas" untuk berpikir. Catechin bermanfaat untuk menjaga pikiran agan tetap tajam, segar, dan berfungsi dengan baik. Selain itu juga memungkinkan untuk lebih rileks dan membantu untuk memerangi kelelahan mental. Teh hijau mengandung lebih banyak catechin daripada teh hitam.


Whole Grains / Biji-bijian

beras merah, oatmeal, roti whole grain, gandum, dll semuanya adalah termasuk golongan biji-bijian. Makanan ini bekerja untuk meningkatkan aliran darah ke otak yang berarti sangat menunjang kualitas dan kuantitas fungsi otak. Biji-bijian ini mengandung banyak vitamin B6 yang penuh dengan tiamin yang funsinya untuk meningkatkan daya ingat. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa hilangnya memori meningkat secara dramatis pada saat usia di akhir 60's atau awal 70-an sehingga dengan memakan biji-bijian akan sangat baik untuk mencegah penuaan otak.


Oysters / Kerang / Tiram

Penelitian telah menunjukkan bahwa tiram sangat bermanfaat untuk otak karena kaya akan mineral seng serta zat besi, yang berfungsi untuk menjaga pikiran tetap tajam dan meningkatkan kemampuan untuk mengingat informasi dengan mudah. Seng dan besi telah dikaitkan dengan kemampuan otak untuk tetap fokus dan mengingat informasi. Kurangnya seng dan besi bisa mengakibatkan penyimpangan memori, konsentrasi yang buruk, dan tentu saja penyakit lain di seluruh tubuh. Banyak orang yang suka memakan tiram, tetapi banyak juga yang kurang suka memakan nya.

sumber : http://www.melonproperty.com/blog/in/10-Makanan-Terbaik-untuk-Otak


2 komentar:

Ummi Fitrah mengatakan...

goog entri

Billy the Kid mengatakan...

nyam...nyam...nyam
:D